Pages

Hujan Asam

Hasil gambar untuk hujan asam
Hujan asam merupakan hujan dengan memiliki pH yang sangat rendah pada tetesan airnya. Penyebab hujan asam yang paling dominan ialah SO2, CO2 dan NO. Dengan komposisi udara pada atmosfer yang normal, hujan akan turun dengan pH 5,6 sehingga hujan yang memiliki pH < 5,6 dapat di kategorikan sebagai hujan asam.
Pengertian Hujan Asam Beserta Penyebab Dan Dampaknya
Penelitian pada lapisan es menunjukkan pH hujan telah berubah dari 6 hingga 4 terjadi karena banyaknya gas yang buangan yang memicu terjadinya hujan asam dengan pH hingga 2,4 (pH yang dimiliki asam cuka). Gas-gas penyebab hujan asam dihasilkan oleh alam (letusan gunung merapi dan daur biologis tanah) dan manusia (asap kendaraan bermotor dan juga industri).

Gas-gas di atas selanjutnya akan bereaksi dengan hujan membentuk asam. Hujan asam sangat merusak karena dapt membunuh tunas tanaman. Apabila tunas tidak dapat tumbuh makan tidak akan ada daur hidup pada tanaman. Tanah juga dapat menjadi asam, logam-logam mudah berkarat dan juga kesehatan manusia akan terganggu.
Karena penyebab utama hujan asam ialah gas hasil industri dan kendaraan bermotor sebaiknya digunakan mesin yang lebih ramah lingkungan karena lebih sedikit menghasilkan asap yang mengandung sulfur, nitrogen dan karbon. Untuk pengendalian ketiga bahan ini biasanya dilakukan pada cerobong asap industri dengan proses elektrolisis yang sehingga unsur ini tidak akan terbang ke udara namun menggumpal dan jauh ke dasar cerobong.

Dampak Hujan Asam
Hujan Asam ini sangat memberikan dampak yang luar biasa bagi kehidupan seluruh makhluk hidup di bumi. Untuk dampak-dampak yang bisa ditimbulkan oleh hujan asam antara lain:

Kesehatan Manusia

Hujan asam yang mengandung kadar asam yang cukup tinggi dapat menyebabkan gawat panas.

Vegetasi
SOx bersifat toksik bago tanaman karena menyebabkan berkurangnya pertumbuhan pada konsentraso >0,1 ppm. Hanya ada beberapa tanaman yang dapat mentoleransi tanah yang asam.

Bangunan

Hujan asam menyebabkan terkikisnya bangunan yang terbuat dari batu kapur dan marmer. Struktur besi dan baja dengan cepat menjadi rusak jika terpapar hujan asam.

Air Di Alam

Organisme akuatik mungkin sensitif terhadap efek hujan asam. Asidifikasi danau merupakan satu masalah yang dihadapi di daerah yang mengandung batu granit. Danau batu kapur secara alami memiliki bufer yang dapat menetralkan efek hujan asam.

Memperbesar Konsentrasi Logam Dalam Air

Senyawa logam sering terbentuk saat logam yang terkandung dalam batu-batuan membentuk garam dan asam sulfurat. Logam tersebut mungkin memiliki sifat yang toksik bagi manusia.
Penulis Artikel
Nama Andre Hartono
NIM A2.1600016

Sumber
Wikipedia

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © Alamiah Science STMIK. Template created by Volverene from Templates Block
WP by Simply WP | Solitaire Online